HAL YANG LEBIH BERHARGA DARIPADA 1 M PERTAMA


Akhir-akhir ini banyak sekali konten media sosial yang membahas 50 juta pertama, 100 juta pertama, 1 M pertama, rumah pertama, etc. 

Melalui konten-konten tersebut, memang banyak orang (khususnya millenials) yang termotivasi untuk lebih giat lagi bekerja dan menabung. Namun, sayangnya tak sedikit pula para kaum millenial yang menjadi minder karena masih jauh dengan puluhan juta pertamanya. 

Boro-boro 50 juta pertama, Gaji tiap bulan aja ngepres untuk bayar uang kuliah, biaya sekolah adik, dan biaya untuk orangtua . Yahh maklum generasi sandwich. 

lalu bagaimana dengan aku? Ada di kelompok yang mana? 

Pertama berkat celotehan-coletahan itu, aku cukup termotivasi untuk hidup hemat. Tapi, lama-kelamaan kok jadi malesin ya? Seolah-olah segala sesuatu, keberhasilan, kesuksesan itu hanya diukur oleh seberapa banyak uang yang kamu miliki. 

Aku tahu dan aku paham, semua orang butuh uang. Tanpa uang manusia tidak bisa makan, tapi apakah itu artinya uang segala? Apakah artinya kita baru bisa berbangga jika sudah memiliki 1 M pertama? Buat aku, tidak! 

Manusia butuh uang untuk hidup, Ya. Tapi kehidupan bukan hanya soal uang. Ada hal-hal lain yang sama berharganya atau bahkan lebih berharga daripada 1 M pertama. 

Jadi, "pertama" apa yang lebih berharga dari 1 M versi aku? 

Ada banyak hal. Jika aku rangkum dalam satu kata, hal itu adalah PROSES. 

Proses belajar 
Proses bangkit dari kegagalan 
Proses pendewasaan diri 
Proses memaafkan, menerima dan mencintai diri sendiri maupun orang lain 
Proses menerima keadaaan, dan masih banyak lagi. 

Mengapa proses lebih berharga daripada uang? 

Sederhana aja, tanpa adanya proses 50 juta, 100 juta, 1 M pertama, keberhasilan ataupun kesuksesan tidak akan tercapai. 

Tanpa adanya proses untuk kita bangkit dari kegagalan selamanya kita akan tetap berada dalam ruang kegagalan 

Tapa adanya proses pendewasaan diri, selamanya kita tidak akan mengerti cara kerja dunia ini 

Tanpa adanya proses menerima keadaan, selamanya kita akan menyalahkan hal-hal diluar kendali kita 

Tanpa adanya proses memaafkan, menerima dan mencintai diri sendiri, selamanya kita akan merasa rendah diri, minder, iri hati, dll. 

Proses apa yang paling terkenang dan paling berharga bagiku? 

Ngomongin soal proses paling berharga, bagiku salahsatunya adalah saat aku gagal mendapatkan IPK sempurna. Hanya kurang 0,01  IPK-ku sempurna. Tapi aku sama sekali tidak menyesalinya. 

Karena dari kegagalan tersebut, aku tahu apa arti kuliah, pendidikan, dan nilai yang sesungguhan. Bukan hanya tentang kuantitatif tapi kualitatifnya juga penting. 

Dibalik hal tersebut, pelajaran apa yang bisa aku ambil? 
Apa yang harus aku perbaiki di kemudian hari?

Justru, secara tidak langsung berkat kegagalanku mendapatkan IPK sempurna, aku jadi seperti sekarang. 
Berani membagikan tulisan-tulisan ini, bukan hanya tentang keberhasilanku tapi juga kegagalanku. 
Berani mengutarakan dan membagikan isi hati dan pemikiranku 

So, bagiku ada hal yang lebih berharga daripada 1 M pertama.
Terlalu sempit jika kita hanya mengukur keberhasilan dari seberapa besar nominal tabungan kita. 
Banyak hal yang lebih indah dan berharga yang harus kita nikmati selain uang. 

Inilah hal yang lebih berharga daripada uang versiku, kalau kamu? 



Comments

Popular posts from this blog

Fall to Fly Higher